Aug 25, 2010

Tataplah Mataku: Foto-foto Jumping Spider yang Menakjubkan

25 Agustus 2010

Tatapan mengancam makhluk ini di kamera tampak eksotis, terlihat seperti monster dari film-film. Tapi meskipun penampilan mereka menyeramkan, makhluk ini sebenarnya adalah jumping spider, yang berukuran kecil hanya enam milimeter. Araknida tidak berbahaya ini, yang mampu melompat hingga enam kali tinggi mereka sendiri, dapat ditemukan di padang rumput dan di dinding rumah pada hari-hari cerah.


Foto-foto Jumping Spider

Tomas Rak, fotografer asal Inggris, adalah sosok dibalik foto-foto ini. Dia mencari para jumping spider dan memotretnya dengan fotografi makro. Hasilnya adalah beragam foto yang sungguh menakjubkan, yang sampai memperlihatkan bintik-bintik kecil pada setiap mata laba-laba dan setiap rambut di tubuhnya.

Mr Rak mengatakan sejauh ini orang-orang merespon secara positif hasil kerjanya. Dia menambahkan, "Orang-orang biasanya kagum dengan foto jumping spider ini. Mereka selalu bertanya bagaimana bisa mengambil foto sedemikian dekatnya dan apa yang kulakukan dengan laba-laba itu ketika aku memfotonya."


"Fotografi makro ini sangat menarik. Hal ini memungkinkan kalian untuk melihat banyak detail yang tidak akan terlihat dengan mata sendiri. Itu sebabnya aku menyukainya."

Setelah menemukan makhluk kecil, Mr. Rak membawa mereka ke rumahnya di London untuk dijadikan objek foto. Dia menggunakan kamera digital dan lensa makro, yang memungkinkannya mendapatkan gambar close up secara ekstrim.

Dia berkata, "Aku biasanya menemukan mereka ketika aku melihat dengan cermat di dinding sekitarku selama hari yang cerah ketika mereka sedang berburu. Memang tidak mudah menemukan mereka pada saat pertama kali, tetapi ketika kalian sudah melihat jumping spider pertama kali, meneliti seperti apa gerakan mereka, kalian akan dapat menemukan yang lainnya dengan mudah."

Beberapa fotografer menyimpan laba-laba ke dalam lemari es atau freezer untuk lebih memudahkan dalam pengambilan gambar. Tapi Mr. Rak tidak melakukan hal ini, sehingga dia berhasil mendapatkan gambar yang sempurna walaupun membutuhkan waktu dan kesabaran yang ekstra.

Berikut adalah foto-fotonya:



















Penutup

Sudah lihat, kan, betapa indahnya, atau menyeramkannya, sesuatu yang tampak kecil pada kenyataannya. Ya, hasil potret makro ini memang sungguh luar biasa indah, sehingga wajar banyak orang menyukainya, bahkan mengaguminya.

Sumber: www.dailymail.co.uk


No comments:

Post a Comment