Jul 15, 2010

Burung Bisa Melihat Medan Magnet Bumi Lewat Mata Kanannya

15 Juli 2010

Para ilmuan telah berhasil menemukan bahwa burung menggunakan mata kanannya untuk melihat medan magnet bumi dan menggunakannya untuk navigasi.


Mata Kanan dan Navigasi

Peneliti dari Jerman menemukan bahwa jika mata kanan burung ditutupi oleh penutup mata, burung tidak dapat menentukan arah terbang secara efektif, sementara mereka bisa terbang sangat baik jika mata kiri ditutup sebagai gantinya. Telah lama diketahui bahwa burung dapat merasakan medan magnet dan menggunakannya untuk navigasi, terutama ketika bermigrasi ke selatan ketika musim dingin.


Sekarang para peneliti menemukan bahwa burung itu benar-benar bisa melihat medan magnet dengan mata kanan yang kemudian memberikan informasi ke otak bagian kiri. Burung melihat medan magnet sebagai warna terang atau gelap. Perubahan posisi kepala juga merupakan kompas alami yang mereka miliki ketika terbang.

Para ilmuwan yakin bahwa burung memiliki suatu molekul dalam retinanya yang aktif saat terkena cahaya biru di mana masing-masing molekul memiliki elektron yang tak berpasangan.

Penglihatan visual biasa maupun penglihatan magnetik pada burung melibatkan variasi cahaya dan bayangan. Tetapi bedana, penglihatan visual cenderung memiliki garis-garis tajam dan tepi, sedangkan penglihatan magnetik memiliki perubahan lebih bertahap dari terang ke gelap.

Para peneliti yang dipimpin oleh Katrin Stapput dari Goethe-Universitat di Frankfurt, Jerman, menemukan bahwa ketika gaya magnetik ini terdistorsi oleh pola terang dan gelap, burung mengalami kebingungan sehingga tidak dapat memisahkan informasi dari gambar visual dan magnetik.

Stapput memutuskan untuk melakukan percobaan. Dia memakaikan penutup mata pada sekelompok burung yang akan bermigrasi, sebagian pada mata sebelah kiri dan sebagian yang lain pada mata sebelah kanan. Burung-burung itu kemudian disimpan di dalam sangkar sampai tiba saatnya bagi mereka untuk bermigrasi. Ketika tiba saatnya migrasi, hasilnya adalah bahwa burung dengan mata kiri yang tertutup berangkat ke arah utara seperti yang diharapkan, sementara mereka dengan mata kanan yang tertutup mengalami kebingungan dan menuju ke arah yang salah.


Penutup


Walaupun artikelnya cukup singkat, tapi saya harap manfaatnya tidak sesingkat isinya. Ya, alam memang masih menyediakan banyak sekali ilmu yang belum kita ketahui. Rahasia burung yang telah terungkap ini hanya salah satu dari sekian banyak rahasia lain. Suatu saat nanti, apalagi yang akan terungkap, kita tunggu saja.


Sumber: http://www.dailymail.co.uk/


No comments:

Post a Comment