Apr 17, 2013

17 Hewan Yang Ingin Dibangkitkan Dari Kepunahan


17 April 2013

Ilmuan menyebutnya de-extinction,  tindakan membawa hewan punah kembali ke kehidupan dengan pemasangan kembali genom dan menyuntikkannya ke dalam sel embrio. Setelah itu terjadi, dengan mudah hewan-hewan yang telah punah bisa saja kembali berlalu-lalang di bumi ini. Pekan lalu, para ilmuwan melakukan pertemuan untuk membahas dan mempertimbangkan hewan mana yang harus dibangkitkan. Fox News menyoroti 17 dari 24 pilihan terakhir mereka.


1. Harimau Gigi Pedang


Harimau Gigi Pedang, atau Smilodon, meninggal setelah zaman es terakhir. Giginya yang terkenal itu, membuat para ilmuan mempertimbangkan hewan yang satu ini. Jika kalian pernah menonton seri film Ice Age, hewan ini salah satu aktornya.



2. Mammoth





Mammoth adalah salah satu yang hewan purbakala dengan ukuran raksasa. Studi genetika telah menunjukkan bahwa spesies ini masih ada hubungan dekat dengan gajah Asia. Hewan ini bahkan merupakan tokoh utama di seri film Ice Age.

3. Mastodon


Mastodon, saudara dekat gajah, menghuni kawasan Amerika Utara dan Amerika Tengah selama zaman Miosen akhir atau Pliosen akhir sampai kepunahan mereka di akhir Pleistosen 12.000 tahun yang lalu.

4. Quagga


Seekor quagga betina di Kebun Binatang London (1870). Sebuah subspesies dari zebra yang hidup di Afrika Selatan, quagga liar terakhir ditembak pada tahun 1870. Yang menembaknya tidak punya hati mungkin.

5. Parkit California


Sebuah foto langka dari Parkit Carolina yang hidup, satu-satunya spesies kakatua asli Amerika Serikat bagian timur. Banyak alasan yang menyebabkannya punah, tetapi faktor utama penyebabnya adalah banyaknya permintaan bulu-bulunya yang berwarna-warni untuk menghias topi wanita. Sadis, hanya demi uang, rela membuat spesies ini punah.

6. Thylacine


Thylacine, atau harimau Tasmania, adalah marsupial karnivora terbesar yang dikenal pada zaman modern dan satu-satunya hewan berkantung yang terdapat pada daftar ini.

7. Dodo


Salah satu lukisan yang paling terkenal dan sering disalin dari spesimen Dodo, dilukis oleh Savery Roelant tahun 1626. Dodo dikenal karena bodoh, tapi walaupun seperti itu, mereka tidak memiliki predator alami. Sampai manusia tiba.

8. The Kaua'i 'O'o Moho 


Punah pada tahun 1987, karena ulah manusia juga. Mereka banyak yang sekarat, juga keluar dari habitat alaminya akibat kerusakan lingkungan dan perburuan.

9. Macaw Kuba


Macaw Kuba hidup di Kuba dan merupakan spesies terakhir dari Macaw Karibia punah, akibat deforestasi atau penebangan hutan secara liar.

10. Pyrenean Ibex


Pyrenean Ibex punah pada bulan Januari 2000, walaupun ilmuwan sudah berusaha untuk mengkloning DNA dari salah satu betina terakhir.

11. Huia


Huia, spesies terbesar dari Wattlebird Selandia Baru, punah pada awal abad ke-20 karena banyak diburu dan juga akibat deforestasi.

12. Merpati Liar


Merpati Liar, atau Passenger Pigeon, pernah sekali terbang di langit Amerika Utara dalam kelompok besar sampai terjadinya perusakan habitat dan perburuan yang menyebabkan kepunahan pada awal abad ke-20.

13. Burung Gajah


Burung terberat yang pernah diketahui, tetapi para ilmuan masih tidak yakin mengapa burung gajah ini punah. Laporan tertulis mengatakan penampakan terakhir terjadi pada abad ke-17.

14. Auroch


Catatan terakhir Auroch, jenis hewan ternak liar yang besar, meninggal di Hutan Jaktorów, Polandia tahun 1627.

15. Sea Wolf


Anjing Laut Karibia, atau Sea Wolf, adalah spesies anjing laut asli Karibia dan sekarang diyakini punah karena diburu dan penangkapan ikan yang berlebihan sehingga kekurangan sumber makanan.

16. Moa


Moa adalah salah satu dari sembilan spesies endemik burung Selandia Baru yang akhirnya mati karena terlalu banyak diburu oleh suku Maori pada 1400AD.

17. Bebek Labrador


Bebek Labrador bermigrasi setiap tahunnya, pada musim dingin di lepas pantai New Jersey dan New England. Kepunahan masih belum bisa dijelaskan, namun diperkirakan unggas ini memang merupakan hewan langka.


Penutup

Lagi-lagi ulah manusia. Sebagian besar kepunahan-kepunahan hewan ini memang ulah manusia, hanya sebagian kecil saja dari daftar di atas yang mengalami kepunahan akibat seleksi alam secara alami. Banyak orang yang tidak bertanggungjawab di luar sana. Tapi jika nanti hewan-hewan ini dibangkitkan kembali, akankah mampu bertahan hidup dengan waktu yang lama?


Sumber: www.foxnews.com

3 comments: