Jun 24, 2010

Fenomena Langit, Awan UFO

24 Juni 2010

Ada UFO datang mengunjungi bumi, dengan kapal induknya yang besar! Apakah ini jawaban dari misteri makhluk-hidup-cerdas-di-luar-bumi yang belum terpecahkan hingga kini? Ternyata bukan, benda yang saya kira UFO ternyata hanya awan saja, awan yang tentu saja tidak bisa dibilang biasa. Ingin lihat semenakjubkan apa Awan Ufo itu?


Awan Berbentuk UFO


Foto 'UFO' ini diambil ketika akhir pekan oleh Brian Wilton dan istrinya, Isobel, di kota Crieff, Perthshire, Skotlandia.


"Kami tidak bisa percaya," kata Wilton. "Rasanya seperti adegan dalam film Close Encounters of the Third Kind ketika pesawat itu mendarat."

Mr. Wilton berpendapat awan itu adalah lenticularis altocumulus - sebuah massa berbentuk almond atau lensa berbentuk awan yang muncul padat tapi cepat menguap. Awan ini telah diberi kualitas menakutkan oleh cahaya matahari terbenam. Foto Awan berbentuk UFO (dan juga berbentuk jamur) itu diambil dari Pulau Mykonos, Yunani.

Sebelumnya memang pernah ada gambar awan berbentuk jamur seperti ini, yaitu pada tahun 1940an - 1950an di Pulau Mykonos, Yunani. Gambar itu tampak seperti tes senjata nuklir di Pasifik Selatan, yang sebenarnya adalah contoh penampakan dari awan jenis cumulonimbus incus. (Untuk gambar awan ini saya belum berhasil menemukannya, jadi saya pasang gambar awan cumulonimbus incus yang lain di samping, masih dari Yunani, 2009)

Mereka terbentuk ketika udara panas lembab naik ke udara dingin dan mengembun. Tampilan awan tersebut rata dari luar, namun tersembunyi dari bawah ke atas, memberikan penampilan dari jamur.


Penutup

Kadang alam menyuguhkan hal-hal yang tidak terduga, indah, dan mempesona. Banyak contohnya yang telah disaksikan banyak orang. Aurora, pelangi, matahari terbenam, dan sangat banyak yang lainnya. Awan UFO ini adalah satu dari sekian banyak penampakan yang diperlihatkan alam pada kita. Saya hanya bisa mengatakan luar biasa sembari berdecak mengaguminya.


Sumber: http://www.dailymail.co.uk/


1 comment: