May 24, 2010

Rekayasa Take A Celebrity Out

24 Mei 2010

Senin hari ini saya bersama keluarga sedang menonton sebuah acara pencarian jodoh, Take A Celebrity Out, yang sekarang sedang booming di masyarakat. Sebenarnya saya tidak terlalu suka acara TV semacam ini, tapi karena sangat banyak yang suka, keluarga saya juga termasuk, bahkan saya tidak diperbolehkan mengganti Channel TV ketika Take A Celebrity Out ini sedang tayang, jadi saya akan membahasnya secara singkat di sini.


Sekilas Tentang

Take A Celebrity Out adalah sebuah acara pencarian jodoh, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, yang ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta nasional yang bekerjasama dengan Fremantle Media pada Senin Malam jam 20.00 WIB, dan untuk Take A Celebrity Out Wanita (yang tadi untuk Pria), ditayangkan pada hari Kamis Malam pukul 19.00 WIB. Take A Celebrity Out sebenarnya adalah adaptasi dari Take Me Out yang sudah lebih dulu ada, hanya saja pesertanya orang-orang biasa, bukan selebritis.


Take Me Out telah tercatat sukses di beberapa negara seperti Denmark, Spanyol dan Belanda. Karena kesuksesan tersebut maka untuk pertama kali di Asia Indonesia juga mereplikasinya.

Ada salah satu video tayangan Take Me Out dari luar negeri, mungkin dari Jerman, saya juga kurang yakin. Sebenarnya mau di-upload di sini, tetapi berhubung koneksinya lambat, jadi saya kasih link-nya saja. Di sini.


Rekayasa Take A Celebrity Out

Banyak orang-orang, di forum-forum, di blog-blog di internet, yang menyebutkan bahwa acara yang memadukan antara Reality Show dan Dating Show ini palsu, rekayasa, karena sudah ada skenario sebelumnya. Melihat kebanyakan Reality Show di televisi zaman sekarang, saya percaya bahwa Take A Celebrity Out ini hanya rekayasa, tapi saya tidak mau percaya begitu saja. Lantas saya mengumpulkan berita-berita mengenai acara ini, khususnya dari para pesertanya, yang menurut saya cukup membuktikan bahwa acara ini rekayasa.

Setelah saya mencari-cari, akhirnya saya mendapatkan tiga berita yang bagus dan menarik.

Pertama datang dari Angelic (Angel Lelga), mantan istri Rhoma Irama. Berikut beritanya saya kutip:

Punya Pacar Bule, Angeliq Iseng Ikut Take Me Out Celebrity
Rabu, 13 Januari 2010 - 18:38 wib
Elang Riki Yanuar - Okezone

JAKARTA - Sepulang dari berlibur ke Australia, Angeliq ikut Take Me Out Celebrity. Namun meski turut serta, mantan istri siri Rhoma Irama ini mengaku sedang tidak mencari jodoh.

“Aku diajak, karena yang ikutan teman-teman artis juga. Soalnya aku kan lagi enggak cari jodoh,” ujarnya ditemui di DOME Ancol, Jakarta, Rabu (13/1/2010).

Angeliq yang dulu bernama Angel Lelga mengatakan ada alasan mengapa dia tidak sedang cari jodoh. Pasalnya saat ini dia sudah punya pacar.

“Nanti kalau pacar aku lihat aku cari jodoh lagi, nanti dia marah lagi,” candanya.

Berhubung acara Take Me Out Celebrity hanyalah acara untuk bersenang-senang, maka dia pun mengiyakan. Keceplosan sebut pacar, Angeliq pun dicecar tentang siapa pacarnya.

“Nanti saja kalau suda menikah baru dikasih tahu, karena aku enggak mau terlanjur diekspose terus, tiba-tiba putus ditengah jalan,” tandasnya.

Kisah kasih Angeliq dengan pacarnya belum genap setahun. Sejauh ini, kata dia, rencananya ke arah serius. “Aku enggak mau diekspose dulu,” tegasnya.

Angeliq bertutur jika pacarnya adalah WNA (warga negara asing). Dia berkilah bukan memilih produk dalam negeri atau luar negeri, melainkan ini adalah jalan cerita hidup dipertemukan dengan kekasihnya.

“Manusia kan darimana saja. karena yang penting buat aku karakternya dan dia dukung aku, itu yang penting. Sejauh ini poin dia di mata aku positif,” paparnya.
(nov)


Kedua ada artis Poppy Sovia yang katanya ikut Take A Celebrity Out hanya untuk sekedar seru-seruan saja. Saya kutip beritanya:

Poppy Sovia Cari Jodoh di 'TAKE CELEBRITY OUT'

Kamis, 14 Januari 2010 06:34
Kapanlagi.com - Meski tidak menganggap mudah, mencari pasangan hidup bagi artis Poppy Sovia, bukanlah sesuatu yang sulit-sulit amat. Apalagi yang bersangkutan mau mengikuti acara semacam TAKE CELEBRITY OUT.
"Setelah gue melihat acara seperti ini, ternyata cari jodoh itu gampang banget. Tinggal ikut acara ini langsung dapat jodoh," ungkap Poppy Sovia di sela syuting TAKE CELEBRITY OUT di Dome Ancol, Jakarta Utara, Rabu (13/1/2010) malam.

Poppy sendiri mengaku sudah memiliki cowok, meski menolak untuk menyebutkan identitas. Namun keikutsertaan di acara ini lebih sebagai partisipasi.

"Pacar ada. Gue ikut acara ini belum bilang sih, cowok gue nggak tahu. Biar nanti saja kalau sudah mau tayang baru gue bilang. Kalau acara ini cuma ikut partisipasi saja, diajakin ya sudah main. Buat seru-seruan aja," terangnya.

Meski menganggap mudah mencari pasangan, bukan berarti mudah mendapatkan jodoh. Harus mencari kecocokan masing-masing, dan memiliki kesepakatan. "Susah-susah gampang lah," tegasnya.

Poppy sendiri mengaku memiliki beberapa kriteria pria yang bisa menjadi pasangan hidupnya. Meski secara berkelakar, bintang kelahiran Jakarta, 23 September 1984 itu punya harapan sebagai kriteria calon suaminya kelak.

"Harus cowok. Mesti baik, tanggung jawab dan pintar. Terus, nggak mesti gaul sih, tapi apa yah, dia harus sopan," terngnya.

Lantas bagaimana dengan pacar yang sekarang? "Pacar sekarang rahasia lah, nggak mau jawab deh yang itu, nggak mau jawab," ungkapnya mengelak. (kpl/ato/dar)


Dan Ketiga, yang terakhir, adalah Syaiful Jamil, yang punya pacar sesudah dia mendapatkan pilihannya di Take A Celebrity Out yaitu Pretty Asmara, dan pacarnya ini sama sekali bukan Pretty Asmara. Berikut saya kutip beritanya:

Saiful Jamil Pamer Pacar Baru

Jum'at, 30 April 2010 16:07
Kapanlagi.com - Penyanyi Saiful Jamil pamer pacar dalam sebuah acara charity untuk seorang wartawan hiburan yang tengah sakit tadi malam. Meski masih malu-malu, Ipul, demikian biasa dipanggil, belum secara tegas mengakui hubungannya dengan sang cewek. Namun mantan suami Dewi Perssik itu justru ingin menikahinya pada kalender 01-01-2011.
"Kayaknya nggak jadi September (nikah, red) tahun ini, dan diundur jadinya bulan Januari. Kalau gue sih mengidamkan tanggal 11 bulan 1 tahun 2011. Kalau nggak melesat ya, Insya Allah," ujar Ipul saat ditemui di acara penggalangan dana untuk Ichal di Fifo Cafe, Gintung, Ciputat, Tangerang, Kamis (29/4) malam.

Diakui oleh Ipul, jika dirinya memang masih belum lama mengenal sosok wanita yang diketahui bernama Dewi Amanda itu. Dirinya mengaku sangat beruntung bisa mengenal sang cewek yang diakuinya membawa keberuntungan.

"Luar biasa ya, sejak kenal dia (sambil menunjuk ke arah ceweknya) membawa keberuntungan-keberuntungan buat diri gue. Tentang apanya gue nggak bisa cerita, yang pasti gue nggak bisa cerita lah. Dia orangnya baik dan pinter, dia bisa bahasa Jepang, dan sabar menghadapi gue," ujarnya.

Lalu bagaimana tanggapan Dewi melihat sosok Ipul? "Ya aku terserah dia (Ipul) yang memilih," ujarnya. (kpl/adt/dar)


Penutup

Dari tiga berita di atas, saya kira sudah cukup mewakili bahwa Take A Celebrity Out itu rekayasa, atau kalaupun tidak sepenuhnya rekayasa, pasti ada unsur-unsur rekayasanya. Tapi yang penting di sini adalah, jika kita membicarakan masalah hiburan, pasti ada yang menghibur dan yang dihibur. Tentu saja tujuannya adalah membuat yang dihibur itu terhibur. Bukan masalah rekayasa atau tidak. Kalaupun kita tidak suka acaranya, tinggal pindah Channel atau tidak menontonnya, daripada mengejek atau mencelanya. Ah ya, artikel ini bukan mencela acara Take A Celebrity Out, ini hanya ungkapan rasa ingin tahu saya saja, tentang ada apa dibalik acaranya. Hanya itu. Bukankah setiap orang berhak berpikir dan berpendapat?


Sumber: okezone.com, kapanlagi.com, shalimow.com


No comments:

Post a Comment